Visi Kami

Kebenaran Sejati, Iman kepada Kristus dan Karakter Ilahi

Misi kami

Menyatakan keutamaan Kristus dan terlibat di dalam pemulihan yang bersifat menebus segala sesuatu di dalam Dia melalui pendidikan holistis.


Sekolah Pelita Harapan menetapkan tujuan untuk siswa-siswi kami berdasarkan visi: Kebenaran Sejati, Iman kepada Kristus, dan Karakter Ilahi ini, agar mereka dapat memahami bahwa semua Kebenaran berasal dari Allah Sang Pencipta dan Pemelihara yang ditemukan dalam relasi dengan Yesus Kristus, Putra Allah, dan Juruselamat kita. Hasil dari penerimaan atas kebenaran ini adalah pengembangan karakter yang saleh, sebagai gambar dan rupa Allah.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kami berfokus pada Kristus sebagai yang utama dalam rencana penebusan Allah untuk memulihkan dunia dari kehancurannya. Kami ingin agar murid-murid kami menjadi pribadi yang memberikan dampak serta aktif berkontribusi bagi dunia ini, diperlengkapi untuk berperan secara positif di mana saja mereka melayani.

Kami berakar di dalam Teologi Reform Injili yang mencari Kebenaran di manapun itu ditemukan dan mengakui bahwa seluruh Kebenaran adalah milik Tuhan. Dengan menggunakan kurikulum International Baccalaureate dan Cambridge yang didasari dengan pandangan Alkitabiah, kami untuk membentuk siswa-siswi yang dewasa dalam berpikir, berkomitmen pada pembelajaran sepanjang hidup, serta dapat memanfaatkan penyelidikan untuk mencari kebenaran.

Kami menerima pribadi dari berbagai macam keyakinan. Guru dan staf kami mendedikasikan diri untuk melayani keluarga-keluarga melalui pendidikan yang berkualitas dengan pendekatan yang menyeluruh untuk membantu para siswa mengembangkan potensi diri mereka, memperlengkap mereka untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi di seluruh dunia.


Sejarah Kami

 

Sekolah Pelita Harapan didirikan oleh 2 orang pengusaha Indonesia – Johannes Oentoro dan James Riady. Visi mereka adalah adanya jaringan sekolah di Indonesia yang dapat memajukan negara dengan meningkatkan standar pendidikan di setiap jenjang masyarakat melalui pengajar Kristen untuk memberikan dampak bagi Indonesia untuk kemuliaan Tuhan. Sekolah Pelita Harapan bergandeng tangan dengan berbagai sekolah di bawah Yayasan Pendidikan Pelita Harapan untuk melayani keluarga di seluruh kepulauan Indonesia.

Sekolah Pelita Harapan pertama didirikan di Lippo Karawaci pada tahun 1993 serta berfungsi sebagai pusat koordinasi bagi kelima sekolah internasional yang ada di dalamnya. SPH Sentul City beroperasi pada tahun 1994, kemudian diikuti oleh SPH Lippo Cikarang pada tahun 1995. SPH Kemang Village dibuka pada tahun 2011 dan yang terbaru adalah SPH Pluit Village yang mulai beroperasi pada tahun 2014. Asrama di Sentul City dapat menampung hingga 70 siswa dari kelas 7-12.

Kelima Sekolah Pelita Harapan berlokasi di area Jakarta dan sekitarnya, menjadi pioner dalam memberikan keluarga Indonesia maupun warga negara asing sebuah pendidikan berkualitas tinggi berdasarkan standar internasional, dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Seluruh kampus bernuansa modern, memiliki fasilitas yang lengkap dan atraktif. Fasilitas meliputi ruang kelas yang luas, laboratorium, perpustakaan, jaringan internet nirkabel di seluruh area, ruang olahraga dan serbaguna, fasilitas musik, studio tari, kolam renang, dan sebagainya.

Tenaga pengajar merupakan perpaduan dari guru berkewarganegaraan asing dan nasional yang direkrut secara internasional maupun lokal. Semua guru memiliki kualifikasi yang tinggi, sangat relasional, dan berdedikasi untuk membangun hubungan pribadi mereka dengan Yesus Kristus. Tim pengajar kami seluruhnya menyadari bahwa mereka dipanggil Tuhan untuk melayani siswa baik di dalam maupun di luar kelas.

Sekolah Pelita Harapan merupakan bagian dari pelayanan Yayasan Pendidikan Pelita Harapan -YPPH. Selain SPH, lima sekolah berstandar Internasional, yayasan juga memiliki lebih kurang 60 sekolah nasional yang tersebar di berbagai kota di Indonesia yang menyediakan pendidikan dengan model pendidikan Barat yang berpusat pada Kristus, dengan pengantar Bahasa Indonesia. Bahkan ada sekolah kami yang berada di hutan pegunungan Papua, di mana kami bekerja sama dengan misionaris Injili untuk mengajarkan anak-anak mengenai kasih Allah Pencipta.

YPPH juga mengembangkan pelayanan pendidikan hingga jenjang universitas, pasca sarjana bahkan doktoral, Sekolah Tinggi Pendidikan Guru, Sekolah Tinggi Pendidikan Guru Internasional, universitas terkemuka, serta Sekolah Tinggi Kedokteran. Lebih dari itu, YPPH bekerjasama dengan Rumah Sakit di seluruh Indonesia untuk menyediakan layanan kesehatan dengan standar kelas dunia. Bahkan di area yang terpencil, YPPH membangun sekolah beserta klinik untuk melayani kebutuhan kesehatan dari masyarakat dengan kasih Kristus.

Bapak Johanes Oentoro
Pendiri

Bapak James Riady
Pendiri


Sekolah Pelita Harapan adalah bagian dari jejaring pendidikan Yayasan Pendidikan Pelita Harapan
Kunjungi ypph.org untuk mengetahui lebih lanjut


Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan kami adalah menjadikan siswa aktif dalam mengejar kebenaran sepanjang hidup. Kami berusaha mengembangkan siswa untuk berpikir kritis, dapat bekerjasama dan bertanggung jawab. Kami mengajarkan siswa untuk melakukan analisa secara hati-hati, membuat keputusan yang etis dan dapat dipertanggungjawabkan. Mereka dipersiapkan untuk sukses di jenjang pendidikan selanjutnya dan menjadi pembelajar yang mandiri sepanjang hidupnya. Adalah doa kami agar seluruh siswa berakar di dalam Injil, bertumbuh secara spiritual, mengerti serta hidup dengan pandangan Alkitabiah sebagai pengikut Kristus yang sejati. Mereka tumbuh sebagai individul yang memiliki prinsip dan mampu merefleksikan karakter Ilahi. Mereka memiliki integritas yang kuat serta jujur, memperlakukan orang lain dengan hormat dan bermartabat. Kami berkomitmen untuk mengajarkan siswa untuk mampu mendengarkan dan mengekspresikan diri dengan baik dan penuh percaya diri. Mereka dapat mengerti, memberikan masukan dan menguji pandangan-pandangan mereka serta akibat-akibatnya, dapat bekerja secara efektif dengan orang lain yang memiliki latar belakang dan pandangan yang berbeda sambil mempertahankan integritas kepercayaan mereka sendiri. Kami menghendaki agar siswa kami menjadi seorang pemimpin yang melayani dan memiliki harapan, diperlengkapi dengan hidup yang melayani dan kepemimpinan yang mengubahkan, mengejar keadilan, welas asih, serta perdamaian. Mereka belajar untuk berpikir dan bertindak dengan jiwa menebus, melayani setiap orang sebagai gambar dan rupa Allah yang layak untuk menerima martabat, perlakuan yang sopan, kasih sayang serta kerjasama. Kami mengajarkan mereka untuk melayani orang-orang yang membutuhkan di sekitar mereka dengan ucapan syukur bagi Kristus agar mereka hidup sejahtera, sehat dan berkelanjutan.